Sabtu, 02 Oktober 2010

Drugs tentunya tidak asing lagi bagi bangsa kita, Ketika kebijakan "Warr on Drugs" atau perang terhadap NAPZA semakin digalakan oleh pemerintah Indonesia. Ternyata tidak membuat pemakai dan pengedar obat-obatan terlarang itu jera malah semakin berulah untuk terus mengedarkan barang-barang haram tersebut setiap harinya. Pemakai pada umumnya terdiri dari kalangan remaja yang cendrung punya rasa ingin tahu dan ingin mencoba terhadap sesustu yang baru. Saya selaku penulis artikel dalam blog ini tentunya memiliki sedikit keprihatinan terhadap penyebaran drugisme dan alkoholisme bangsa saat ini khususnya pada generasi muda yang seharusnya menjadi tulang punggung dan sebagai pembangun bangsa malah menjadi farasit yang merusak image bangsa Indonesia sendiri. Saya sadar bahwa saya bukanlah anak bangsa yang cerdas, tapi dengan segala kekurangan dan kerendahan hati, saya ingin mengajak teman-teman yang kebetulan saat ini sedang membaca tulisan ini untuk bersama-sama membangun bangsa yang bebas dari drugs dan alcohol atau "War on Drugs". Sudah saatnya kita sebagai anak bangsa yang punya kemauan dan tekad untuk membangun negri bangkit dari keterpurukan, ketergantungan terhadap drugs dan miuman keras. Pemerintah Indonesia pernah punya kebijakan tentang Indonesia bebas NAPZA. Tapi kebijakan tersebut tidak membuahkan hasil yang memuaskan, malah bisa dibilang gagal total. Karena faktanya pengguna NAPZA semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan angka penularan HIV/ADIS yg disebabkan oleh jarum suntik dikalangan pengguna NAPZA pun terus bertambah. Perang terhadap NAPZA ternyata tidak efektif. 


Jenis-jenis Napza
Sebelum mengetahui jenis-jenis Napza ada baiknya kita mengenal apa itu Napza. Napza merupakan singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika,dan Zat Adiktif lainya. NAPZA adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang ( pikiran, perasaan dan perilaku ) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Yang termasuk dalam NAPZA adalah : Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. Berikut ini beberapa jenis NAPZA:
OPIOID
Opioid atau opiat berasal dari kata opium, sari dari bunga opium, juga termasuk morfin. Nama Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan narkotik sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium. opiat alami lain atau opiat yang disintesis dari opiat alami adalah heroin EFEK SAMPING YANG DITIMBULKAN : Mengalami pelambatan dan kekacauan pada saat berbicara, kerusakan penglihatan pada malam hari, mengalami kerusakan pada liver dan ginjal, peningkatan resiko terkena virus HIV dan hepatitis dan penyakit infeksi lainnya melalui jarum suntik dan penurunan hasrat dalam hubungan sex, kebingungan dalam identitas seksual, kematian karena overdosis. Turunan OPIOID (OPIAD) yang sering disalah gunakan adalah.

CANDU
Getah tanaman Papaver Somniferum didapat dengan menyadap (menggores) buah yang hendak masak. Getah yang keluar berwarna putih dan dinamai "Lates". Getah ini dibiarkan mengering pada permukaan buah sehingga berwarna coklat kehitaman dan sesudah diolah akan menjadi suatu adonan yang menyerupai aspal lunak. Inilah yang dinamakan candu mentah atau candu kasar. Candu kasar. Pemakaiannya dengan cara dihisap.

MORFIN
Morfin adalah hasil olahan dari opium/candu mentah. Morfin merupakan alkaloida utama dari opium ( C17H19NO3 ) . Morfin rasanya pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan
Pemakaianya dengan cara dihisap dan disuntikan

HEROIN
Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan merupakan jenis opiat yang paling sering disalah gunakan orang di Indonesia pada akhir - akhir ini . Heroin, yang secara farmakologis mirip dengan morfin menyebabkan orang menjadi mengantuk dan perubahan mood yang tidak menentu. Walaupun pembuatan, penjualan dan pemilikan heroin adalah ilegal, tetapi diusahakan heroin tetap tersedia bagi pasien dengan penyakit kanker terminal karena efek analgesik dan euforik-nya yang baik.

CODEIN
Codein termasuk garam / turunan dari opium / candu. Efek codein lebih lemah daripada heroin, dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan
Jernih. Cara pemakainnya ditelan dan disuntikan.

DEMEROL
Nama lain dari Demerol adalah pethidina. Pemakaiannya dapat ditelan atau dengan suntikan. Demerol dijual dalam bentuk pil dan cairan yang tidak berwarna.

METHADON
Saat ini Methadon banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid.

MINUMAN KERAS
Adalah semua minuman yang mengandung Alkohol tetapi bukan obat.Minuman keras terbagi dalan 3 golongan yaitu:- Gol. A berkadar Alkohol 01%-05%- Gol. B berkadar Alkohol 05%-20%- Gol. C berkadar Alkohol 20%-50%Beberapa jenis minuman beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya Bir,Green Sand 1% - 5%- Martini, Wine (Anggur) 5% - 20%- Whisky, Brandy 20% -55%.mulut rasanya kering. Pupil mata membesar dan jantung berdegup lebih kencang. Mungkin pula akan timbul rasa mual. Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi alkohol dapat dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja, tetapi efeknya berbeda-beda, tergantung dari jumlah / kadar alkohol yang dikonsumsi. Dalam jumlah yang kecil, alkohol menimbulkan perasaan relax, dan pengguna akan lebih mudah mengekspresikan emosi, seperti rasa senang, rasa sedih dan kemarahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Terima Kasih Buat Brad & Sista Semua yang telah berkunjung ke blogg yang amat sederhana ini Mohon Kritik & Saranya

Kondisi Saya di YM!

Banner Sahabat

Gudang Lounge ILOVE PHOTOSHOP ipotes

Apa Yg Kamu Lakukan Jika Punya Temen ngDrug??

Pages

THANKS TO:

TUHAN,ORTU

BRADA N' SISTA

Ganti Warna Semau Loe disini Asal Keep Cool And Say No To Drugs
Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto saya
Amlapura, BALI, Indonesia
Yang jelas saya orang normal dan baik-baik saja. Punya Ibu dan Bapak yang sehat selalu. Gemar nginep disekolah (cos para guru suka juga nginep disekolah buat belajar). Tetep ngeksis and no drug coba peruntungan agar bisa berprestasi heee...

Followers

Featured Posts

Popular Posts

Text Widget